Amankah Ibu Hamil USG Setiap Bulan


Ketika memeriksakan kandungan mungkin Anda akan merasa penasaran seperti apa keadaan janin di dalamnya, sehingga salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengetahui tumbuh kembang dari bayi di dalam perut yakni dengan melakukan pemeriksaan USG. 

Dari Penelitian Diyan Wahyuningsih pada Jurnal Kesehatan (2018) menyebutkan beberapa indikasi USG yakni evaluasi pertumbuhan janin, deteksi dini abnormalitas pada janin tertentu dan perdarahan antepartum.

Meskipun USG cukup membantu dalam melihat pertumbuhan bayi di dalam kandungan, namun ada pula yang beranggapan jika USG berbahaya, karena efek USG dari alat dapat menembus organ janin, sehingga banyak pertanyaan amankah ibu hamil USG setiap bulan?

USG Tidak Boleh Dilakukan Secara Sering

Memeriksakan kandungan adalah hal yang wajib untuk dilakukan secara rutin. Setidaknya, pada masa kehamilan Anda ibu dianjurkan menemui dokter paling tidak ya satu bulan sekali, atau ketika ada masalah pada kehamilan.

Baca juga: Amankah Ibu Hamil Senam Aerobik

Namun bagi halnya seperti pemeriksaan USG rutinitas tersebut tidak berlaku ya. Meskipun termasuk pemeriksaan yang mana memang dianjurkan serta dapat dipakai dalam memastikan kesehatan buah hati, jauh lebih USG tidak dilakukan terlalu sering.

Mengapa USG Tidak Boleh Terlalu Sering?

Pemeriksaan USG tidak boleh dilakukan terlalu sering apalagi setiap bulan sebab alat USG disebut bisa menghantarkan panas. Meski pada dasarnya belum terdapat penelitian yang mana menyebutkan hal ini berbahaya, namun jauh lebih baik ibu mengantisipasinya.

USG Dianjurkan Dilakukan 3 Kali Selama Hamil

Cara mengantisipasinya yakni dengan tidak terlalu sering pemeriksaan USG, sehingga Anda dan buah hati di kandungan akan terhindar dari adanya risiko yang mana tak diinginkan. Secara umum, jumlah untuk pemeriksaan USG yang disarankan bagi ibu hamil yakni sebanyak 3 kali selama kehamilan.

Pemeriksaan USG pertama bisa dilakukan di awal masa kehamilan, agar Anda dapat mengetahui seperti apa kondisi awal janin. Kemudian untuk pemeriksaan kedua dapat dilakukan dilakukan ketika usia kandungan mulai masuk usia 20 minggu. Dan pemeriksaan ketiga saat mulai mendekati waktu persalinan, yakni di minggu 30 kehamilan atau trimester ketiga.

Dari paparan di atas maka bisa diambil kesimpulan mengenai amankah ibu hamil USG setiap bulan, jawabannya yakni belum ada penelitian pasti. Namun karena USG menghantarkan panas maka jangan lakukan setiap bulan dan lakukan USG tiga kali saja dalam masa kehamilan.

Tidak ada komentar untuk "Amankah Ibu Hamil USG Setiap Bulan"